Upacara Pengibaran Bendera dan Tradisi Penerimaan Personil Baru di Kodim 0616/Indramayu

Upacara Pengibaran Bendera dan Tradisi Penerimaan Personil Baru di Kodim 0616/Indramayu

24Indramayu-Pada hari Senin, 9 September 2024, Kodim 0616/Indramayu menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih mingguan, tradisi penerimaan personil baru, serta penyerahan kendaraan dinas untuk Persit KCK Koorcab XXVII Kodim 0616/Indramayu Jawa Barat.

Upacara ini berlangsung di lapangan Makodim 0616/Indramayu, Jalan Gatot Subroto No.01, Desa Pekandangan, Kecamatan/Kabupaten Indramayu.

Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara Danramil 1617/Gabuswetan, Kapten Inf Arifin. Inspektur Upacara adalah Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Yanuar Setyaga, S.I.P., yang turut memberikan amanat penting kepada seluruh peserta upacara.

Rangkaian acara upacara dimulai dengan kedatangan Komandan Upacara di lapangan upacara, diikuti oleh kedatangan Inspektur Upacara. Seluruh pasukan kemudian memberikan penghormatan kepada Inspektur Upacara. Upacara dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dan pengibaran bendera merah putih yang diikuti oleh mengheningkan cipta.

Setelah itu, teks Pancasila dibacakan oleh Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh peserta. Pengucapan Sapta Marga dilakukan sebagai bagian dari tradisi militer. Kemudian, dilaksanakan korps raport untuk penerimaan personil baru yang diikuti dengan penyiraman bunga oleh Inspektur Upacara sebagai simbol penerimaan dan penghargaan.

Penyerahan kendaraan dinas kepada Persit KCK Koorcab XXVII juga menjadi bagian dari upacara. Kendaraan dinas ini diberikan sebagai dukungan untuk kelancaran tugas Persit di lapangan.

Amanat dari Dandim 0616/Indramayu menekankan pentingnya adaptasi cepat bagi personil baru dan perlunya pemeliharaan kendaraan dinas agar tetap dalam kondisi optimal.

Tradisi penerimaan personil baru merupakan bagian integral dari proses adaptasi prajurit baru di Kodim 0616/Indramayu. Personil baru diperkenalkan dalam upacara ini sebagai bagian dari peneguhan rasa kebanggaan dan kedisiplinan mereka terhadap satuan.

“Selain itu, penyerahan kendaraan dinas untuk Persit KCK Koorcab XXVII menjadi simbol dukungan dan perhatian terhadap mobilitas serta kelancaran operasional,”Ungkapnya dalam kegiatan.

Dandim 0616/Indramayu, dalam amanatnya, mengingatkan pentingnya meningkatkan profesionalisme dan tanggung jawab dalam setiap tugas. Dukungan inventaris berupa kendaraan dinas diharapkan dapat mempermudah tugas sehari-hari dan memperpanjang usia pakai kendaraan dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik

Kegiatan berjalan dengan aman, lancar, dan khidmat. Kegiatan upacara bendera mingguan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian prajurit serta PNS TNI-AD. Selain itu, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan jiwa korsa di kalangan prajurit terhadap satuan kodim 0616 Indramayu.

(Maskani)