Tingkatkan Rasa Nasionalisme,Kodim 0616 Indramayu Melaksanakan Upacara Bendera 

Tingkatkan Rasa Nasionalisme,Kodim 0616 Indramayu Melaksanakan Upacara Bendera 

 

24news.id.-Indramayu-Kodim 0616 Indramayu melaksanakan Kegiatan upacara pengibaran bendera merah-putih 17-an setiap bulan, yang bertempat di Kodim 0616/Indramayu, Pada hari Rabu tanggal 19/6/2024.

 

Dalam upacara tersebut sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Yanuar Setyaga, dan Komandan upacara (Danramil 1603/Lohbener, Kapten Kav Daniel Rongge) serta diikut dari peserta upacara anggota dan PNS Kodim Indramayu.

 

Dala Pidatonya, Dandim 0616 Indramayu Letkol Inf Yanuar Setyaga membacakan amanat Pangdam III/Siliwangi menyampaikan Upacara Bendera memiliki makna khusus dalam menggugah semangat kita sebagai Prajurit, Pegawai Negeri Sipil TNI sekaligus sebagai penerus perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

 

“Pada kesempatan hari ini saya mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1445 H. Makna Idul Adha mengajarkan kita tentang nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran dan berbagi melalui qurban sekaligus merupakan penegasan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang disekitar kita,”Kata Dandim saat membacakan amanat Pangdam.

 

Selanjutnya dalam waktu dekat, Kodam III/Siliwangi akan menyiapkan Yonif 312/KH untuk Satgas Pamtas RI-PNG Statis Sektor Selatan yang akan berangkat pada Minggu ke-IV September 2024. Oleh karena itu pelaksanaan latihan di Satuan harus diarahkan untuk mendukung Tugas Operasi yang akan dilaksanakan. Materi latihan yang dilaksanakan tidak boleh berorientasi untuk kegiatan demonstratif dan pada saat pelaksanaan latihan wajib dilakukan evaluasi dan kaji ulang pada setiap tahapan latihan untuk mendapatkan perbaikan dalam penyelenggaraan latihan berikutnya.

 

“Sedangkan dalam bidang pembinaan personel perlu saya informasikan bahwa pada semester mendatang, akan diselenggarakan berbagai pendidikan alih golongan, antara lain Diktukbasus, Diktukpasus, Diklapa II dan Seskoad. Untuk memastikan keberhasilan dalam seleksi pendidikan ini, penting bagi para Komandan/Kepala satuan untuk ikut bertanggung jawab dengan menyiapkan secara optimal personel yang akan diusulkan untuk mengikuti seleksi pendidikan alih golongan,”Ujarnya.

 

Masih di sampaikan Dandim, Penyelenggaraan pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di instansi pemerintah antara lain meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian, tanggung jawab, dan disiplin guna mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

 

“Upacara ini memiliki makna penting, sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit dan PNS pada romantisme dan heroisme perjuangan para generasi pendahulu, yang telah melahirkan NKRI pada 17 agustus 1945, sehingga memotivasi kita untuk terus mengisi kemerdekaan melalui pembangunan Nasional,”Pungkas Dandim Indramayu.(Maskani)