Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Koramil 1601 Indramayu Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Pilkada 

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Koramil 1601 Indramayu Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Pilkada 

 

24news.id.-Indramayu-Kegiatan sosialisasi pilkada tahun 2024, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati Wakil Bupati Indramayu tahun 2024.

 

Bertempat di aula Balai Kelurahan Karangmalang, Jl Tanjung Pura, Kelurahan Karangmalang, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, KPUD Indramayu melaksanakan kegiatan sosialisasi pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Indramayu tahun 2024.

 

Dalam kegiatannya turut hadir Pengamat kebijakan publik Ikhlas Mahfudz, Anggota PPK Indramayu Indrianti beserta stafnya, Lurah Karangmalang, Danramil 1601/Indramayu diwakili Babinsa Koramil 1601/Indramayu Serka Abdullah, dan para warga masyarakat sekitar.

 

Usai kegiatan Sosialisasi, Serka Abdullah anggota Koramil 1601 Indramayu menjelaskan, Materi sosialisasi pilkada tahun 2024, dan beberapa hal diantaranya Pentingnya Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat, serta Faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi politik serta upaya untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

 

“Beberapa hal antara lain Asas Penyelenggaraan, Elemen, Tahapan serta tujuan pengawasan, fokus pengawasan, kerawanan serta indikator keberhasilan pengawasan,”Kata Serka Abdullah saat selesai kegiatan.

 

Masih dikatakan Serka Abdullah, bahwa pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Melalui pendidikan politik diharapkan terjadinya perubahan sikap rakyat dari sinisme politik, kepasifan dan apatisme politik bisa beralih menjadi sikap aktif partisipatif, kegairahan berpolitik, berinisiatif, proaktif, inovatif dan demokratif, hal tersebut sangat diperlukan,”Ujarnya, Kamis 26/7/2024.

 

Setiap warga negara harus ikut membangun masyarakat dan negara, bahkan wajib diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk membangun diri sendiri dan membangun masyarakat lingkungannya untuk bisa maju dan berkembang, serta berkesejahteraan.(Maskani)