Thailand Antusias Main di Hadapan Puluhan Ribu Suporter Indonesia

Pelatih dan pemain Thailand Alexandre Polking menyambut antusias kehadiran penonton, yang mayoritas merupakan suporter Timnas Indonesia, saat dijamu di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam partai Piala AFF 2022.

Thailand akan dijamu Timnas Indonesia pada lanjutan Piala AFF 2022 Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (28/12/2022). Laga ini berpotensi akan dihadiri oleh 50 ribu penonton, atau sesuai dengan jumlah tiket yang dilepas PSSI.

Bagi Polking, hal itu akan menjadi pengalaman pertamanya bermain di kandang Timnas Indonesia dengan kehadiran penonton. Saat jumpa Garuda di final Piala AFF 2020, saat itu turnamen digelar di venue netral dengan Singapura menjadi tuan rumah tunggal.

“Ini pertandingan besar, akan ada banyak penonton di stadion. Tapi kami suka bertanding di situasi seperti itu. Itu bagus untuk sepakbola. Akan membuat atmosfer sepakbola yang fantastis,” kata Polking saat memberikan keterangan, Kamis (28/12).

“Kami bersiap dengan baik untuk pertandingan ini. Kami tak punya banyak waktu untuk istirahat. Indonesia pun bermain tiga hari lalu, tetapi mereka bisa menyimpan beberapa pemain. Kami yakin siap untuk pertarungan ini,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, gelandang Thailand Sarach Yooyen ikut sudah berpengalaman main di GBK dengan kehadiran ribuan penonton tuan rumah. Ia turut menjadi bagian skuad Thailand yang mengalahkan Timnas Indonesia di stadion ini dengan kemenangan 3-0 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 10 September 2019.

Saat itu Thailand masih dilatih oleh Akira Nishino asal Jepang, yang kini sudah diambil alih oleh Polking. Karena kondisi itu, Sarach Yooyen menilai kondisinya sudah berbeda.

“Tentu saja akan menjadi pertandingan berbeda karena skuad kami tak lagi sama. Tapi target kami sama, bermain bagus dan melanjutkan performa bagus lalu meraup tiga poin,” tutur pemain 30 tahun asal klub BG Pathum itu.