Menjelang Pilkada 2024, Lantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sekabupaten Indramayu

Menjelang Pilkada 2024, Lantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sekabupaten Indramayu

 

24news.id.-Indramayu-Kodim 0616 Indramayu dan Polres Indramayu serta Bupati Indramayu menghadiri Pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) Sekabupaten Indramayu yang bertempat di Gelanggang olah Raga (GOR) Darma Ayu Indramayu, Jl.Tridaya Timur kelurahan Karanganyar  Kecamatan/Kabupaten Indramayu, pada hari Minggu  tanggal 26 Mei 2024.

Kegiatan Pelantikan dan Orientasi tugas anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota pada Kabupaten Indramayu tahun 2024, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Indramayu Masykur M.Pd.

Hadir pada kegiatan pelantikan tersebut Kadiv Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jabar Adi Saputro, Bupati Indramayu diwakili Kesbangpol Indramayu Teguh Budiarso, Dandim 0616/Indramayu diwakili Danunit Inteldim 0616/Indramayu Letda CHB Anton Susilo, Kapolres Indramayu, diwakili Kasat Intelkam Polres Indramayu, AKP Saefullah serta para tamu undangan yang lainnya.

Dalam sambutannya Ketua KPU Indramayu Masykur M.Pd menyampaikan kepada para anggota Panitia Pemungutan Suara perlu di pahami tugas dan tanggung jawab sebagai PPS, terkait koordinasi dan komunikasi, sesuai berdasarkan Pasal 18 dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022.

“Pada pemilu tahun 2024, menjadi evaluasi untuk menunjang kerja kita kedepannya, pada pemilu kemarin berjalan dengan sukses,serta meningkatkan minat para peserta pemilih dari 71% ke 76%,”Kata Masykur.

Setelah dilantik para anggota PPS harus menyiapkan operator dan data pemilih dengan menentukan TPS, di tiap-tiap Desa/Kelurahan dan tiap-tiap TPS harus menyiapkan 600 data pemilih.”

Pada Bulan Agustus akan dibuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati, serta para anggota PPS harus menyiapkan LO untuk dapat memberikan sosialisasi terkait persyaratan untuk menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati, agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat,”Ujar Ketua KPU Indramayu.

Sementara Kodim 0616 Indramayu melalui Danunit Inteldim 0616 Indramayu berharap kepada para anggota PPS dapat mengawal jalannya pilkada pada tahun 2024, karena penyelenggaraan itu melayani.

“Karena nantinya banyak dari para anggota PPS akan ada yang dikorbankan, Selain waktu, tenaga dan keluarga, karena semuanya akan tersita untuk mewujudkan kelancaran Bupati dan Wakil Bupati Indramayu,”Ungkapnya.

Dirinya berpesan untuk para anggota PPS agar dapat menjalin hubungan dan koordinasi dengan para pihak pihak lainnya, serta menjaga marwah dan nama baik Komisi Pemilihan Umum, serta kode etik, dikarenakan sekarang momentumnya Pilkada serentak.

“Dalam konteks penyelenggaraan pilkada, memiliki tanggung jawab besar, Pesan untuk menjaga tugas dan tanggungjawab PPS, serta harus menjaga netralitas, dan juga harus membangun hubungan dan komunikasi serta koordinasi yang baik kepada pihak-pihak terkait demi mewujudkan penyelenggaraan pilkada yang netral, jujur dan adil,”Pungkasnya.

(Maskani)