Kunjungan di Pantai Sawarna Lebak Menurun Imbas Cuaca Ekstrem

Kunjungan wisatawan ke Pantai Sawarna di Lebak, Banten, ketika libur Natal menurun imbas cuaca ekstrem. Padahal pantai ini salah satu destinasi yang sering dikunjungi ketika hari libur.

“Kondisi di libur Natal, Pantai Sawarna biasanya 2.000 orang sampai tapi kemarin hanya 1.000 orang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak, Imam Rismahayadin, kepada awak media di Rangkasbitung, Rabu (28/12/2022).

Imam menjelaskan, menurunnya kunjungan di pantai akibat cuaca ekstrem yang melanda Lebak. Hujan deras turun selama libur Natal dan menyebabkan air laut tinggi.

Berdasarkan sistem data kunjungan (Sidaku), jumlah kunjungan selama libur Natal baru 400-500 orang untuk seluruh destinasi di Lebak. Sedangkan targetnya 350 ribu wisatawan.

“Nah kita realistis untuk kunjungan tahun ini semoga bisa mendekati lah, karena bersamaan dengan libur anak sekolah dan ini masih ada waktu (capai target),” harapnya.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan, sejumlah hotel di sekitar destinasi wisata sudah banyak dipesan oleh wisatawan hingga libur Tahun Baru nanti. Dia pun berharap wisatawan bisa datang dan membantu meningkatkan perekonomian warga.

“Yang booking hotel sudah banyak tapi realisasi nya kita belum tau. Apakah menurun karena ada imbauan BMKG terkait cuaca ekstrem, kita masih menunggu,” pungkasnya.

Sebelumnya, momen libur Natal dan Tahun Baru 2023 biasanya dimanfaatkan traveler untuk berwisata. Diprediksi 100 ribu pengunjung akan datang ke Kabupaten Lebak, Banten.

“Perkiraan kita 100 ribu bisa sampai, untuk seluruh tempat wisata di Lebak,” kata Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disbudpar Lebak, Usep Suparno kepada detikcom, Sabtu (24/12/2022).