Kodim 0616/Indramayu Menghadiri Kick-Off Pekan Pelayanan KB Serentak 2024

Kodim 0616/Indramayu Menghadiri Kick-Off Pekan Pelayanan KB Serentak 2024

24news.id.-Indramayu-Kodim 0616/Indramayu menghadiri acara Kick-Off Pekan Pelayanan KB Serentak dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia 2024. Acara yang bertempat di Aula Ki Sapu Angin, Kecamatan Sukagumiwag, Kabupaten Indramayu, ini mengusung tema “Pelayanan Kontrasepsi Berkualitas untuk Indonesia Emas 2045.”

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting dari instansi terkait dan komunitas lokal, termasuk Deputi Bidang KBKR BKKBN Republik Indonesia, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, serta perwakilan dari Bupati Indramayu, Dandim 0616/Indramayu, Kapolres Indramayu, dan Camat Sukagumiwag. Hadir pula berbagai perwakilan organisasi, tenaga medis, dan pengurus Puskesmas serta PLKB di Kecamatan Sukagumiwag.

Acara dimulai dengan pembukaan, diikuti oleh menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB, serta pembacaan doa. Laporan panitia dan sambutan-sambutan dari berbagai pihak menjadi inti dari kegiatan tersebut.

Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Yanuar Setyaga saat dilokasi mengatakan dan menyambut baik pelaksanaan Kick-Off Pekan Pelayanan KB Serentak. Beliau menegaskan komitmen Kodim 0616/Indramayu dalam mendukung program pemerintah terkait keluarga berencana dan kesehatan reproduksi.

Melalui kegiatan ini, Kodim berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program KB serta memberikan kontribusi positif bagi kesehatan keluarga di wilayahnya.

Asda Bupati Indramayu, Dr. Jajang Sudrajat, yang mewakili Bupati, mengungkapkan apresiasi atas terlaksananya acara ini. Dalam sambutannya, beliau memaparkan data realisasi anggaran dan pencapaian program KB di Kabupaten Indramayu. Dr. Jajang juga menekankan perlunya kerjasama antara berbagai pihak untuk meningkatkan pelayanan KB demi kesejahteraan masyarakat.

Fazzar Supriyadi Sentosa dari BKKBN Provinsi Jawa Barat menyoroti pentingnya peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia sebagai momentum untuk memperkuat Program Bangga Kencana.

Ia juga menekankan perlunya perencanaan keluarga yang holistik, mencakup berbagai aspek dari kesehatan reproduksi hingga perencanaan kehidupan keluarga.

Deputi Bidang KBKR BKKBN Republik Indonesia, Dr. Drs. Wahidin, dalam sambutannya, menekankan bahwa Hari Kontrasepsi Sedunia merupakan kesempatan untuk meningkatkan komitmen terhadap Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.

“Kami menyampaikan target-target pelayanan KB di Jawa Barat untuk tahun 2024, yang mencakup berbagai aspek seperti mCPR dan unmet need KB,”Ujarnya saat dilokasi.

Sebagai bagian dari komitmen Kodim 0616/Indramayu terhadap kesehatan masyarakat, pelaksanaan Kick-Off Pekan Pelayanan KB Serentak ini merupakan wujud nyata dukungan TNI terhadap program-program pemerintah di bidang kesehatan.

“Kodim berperan aktif dalam memfasilitasi kegiatan ini dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan terselenggaranya program KB yang berkualitas,”Kata Dandim.

Kegiatan dan keberhasilan yang dicapai berkat kerja sama dan koordinasi antara Kodim 0616/Indramayu dan semua pihak terkait. Pekan Pelayanan KB Serentak ini akan berlangsung hingga 20 September 2024 dan diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kontrasepsi di seluruh Indonesia.

Dengan semangat kolaborasi, Kodim 0616/Indramayu berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program KB, serta berperan aktif dalam pencapaian target-target nasional di bidang kesehatan reproduksi.

(Maskani)