Gercep Aduan Masyarakat, Camat Cantigi Bersama Forkopimcam Cantigi Monitoring Aliran Air

Gercep Aduan Masyarakat, Camat Cantigi Bersama Forkopimcam Cantigi Monitoring Aliran Air

24news.id.-Indramayu-Pada hari Minggu tanggal 4 Agustus 2024, bertempat di Pintu Air bendung Cidempet, Pintu Air bendung Sukasari, dan pintu air bendung Maja desa larangan, Forkopimcam Cantigi Monitoring Aliran Air Irigasi arah Menuju Wilayah Kecamatan Cantigi.

Kegiatan tersebut dengan melakukan pembukaan pintu air dan pengangkatan balok kayu oleh petugas irigasi yang menghambat aliran air irigasi ke arah wilayah Kecamatan Cantigi, Desa Cantigi Wetan dan Desa Cantigi Kulon.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Cantigi M.Zaenal Muttaqin, Kapolsek Cantigi Ipda H.Casmin, Danramil 1602/Sindang diwakili Babinsa Serda Sahrudin, Pol PP kecamatan Cantigi, Kepala Pengamat Irigasi Arahan-Cantigi, Para Poktan Wilayah kecamatan Cantigi, dan beberapa Pamongdesa sekitar.

Camat Cantigi M.Zaenal Muttaqin saat melaksanakan Kegiatannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar semua wilayah sawah di Wilayah Kecamatan Cantigi khususnya Desa Cantigi Wetan, Cantigi kulon dan Desa Cemara dapat terairi air dalam masa tanam Gadu atau MT II dan bersama sama mensukseskan Program ketahanan pangan Nasional.

“Dengan adanya kegiatan ini, Sawah di wilayah Kecamatan Cantigi dapat teraliri air dan pasokan air tercukupi untuk kebutuhan olah lahan persawahan Desa yang berada di wilayah kecamatan Cantigi,”Kata Camat Cantigi.

Lanjutnya, Ia menyampaikan rasa keprihatinannya dengan kondisi pengairan di wilayah kecamatan cantigi yang sudah mulai asin airnya, khususnya di wilayah 2 Desa tersebut, akibat masuknya air asin ke Dam Rita, Jika tidak segera ditangani dalam 1 sampai 2 hari, maka akan mengakibatkan gagal panen di wilayah Desa Cantigi Kulon dan Desa Cemara.

“Untuk itulah kami bersama Forkopimcam Cantigi langsung bergerak cepat dengan melakukan langkah langkah koordinasi dengan seluruh pihak khususnya dengan Camat Lohbener dan Camat Arahan, akhirnya di sepakati untuk membuka tutupan yang ada di Desa Cidempet dan Desa Sukasari (Kecamatan Arahan) dan Desa larangan Tutupan Pintu Air Maja (Kecamatan Lohbener), dan sampai saat ini air masih dalam perjalanan menuju ke persawahan yang ada di Desa Cantigi Kulon dan Desa Cemara,”Ungkapnya.

Sementara itu, Danramil 1602 Sindang melalui Serda Sahrudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua elemen yang sudah bekerjasama dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional di wilayah tersebut.

“kegiatan ini masih berlangsung dan dilanjutkan menuju pintu air bendung Maja desa Larangan, di harapkan kepada warga masyarakat agar tidak ada lagi kegiatan yang dapat menghambat apalagi menutup jalannya aliran air di wilayah tersebut,”Pungkasnya.
(Maskani)