Bupati Indramayu : Peringatan May Day Tidak Harus Dengan Demo, Cukup Dialog

Bupati Indramayu : Peringatan May Day Tidak Harus Dengan Demo, Cukup Dialog

Indramayu,- Peringatan May Day tahun 2024 terasa sangat berbeda dengan peringatan May Day tahun sebelumnya, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina mengundang perwakilan serikat pekerja untuk melakukan dialog di Pendopo Indramayu, Rabu (1/5/2024).

Menurut Hj Nina Agustina, peringatan May Day tidak harus dilakukan dengan aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya, Pemerintah Daerah Indramayu akan memfasilitasi serikat pekerja dengan pihak perusahaan agar tercapai kesepakatan bersama.

“Menyampaikan aspirasi tidak harus dengan demo demo, karena komunikasi yang dicari itu kan solusinya, dan yang paling utama adalah bersuara dari aspirasinya dan solusinya akan dicarikan segera oleh pemerintah” ujar Nina menanggapi pertanyaan awak media.

Dalam dialog tersebut terungkap ada beberapa perusahan yang masih belum menerapkan upah Upah Minimun Kabupaten (UMK) kepada para pekerjanya, menanggapi hal ini Bupati Indramayu berjanji akan membahas masalah tersebut dengan perusahan bersangkutan.

“Perusahaan harus membayar pekerja dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) mengingat para pekerja ini adalah orang orang lokal kita, selian itu juga perusahaan harus memproteksi pekerjanya dengan jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan” tegas Nina.


Menanggapi pernyataan Bupati Indramayu, Hadi salah seorang pekerja mengapresiasi respon positif dari Hj Nina Agustina yang akan mencarikan solusi atas keluhan dan permasahan yang dihadapi para pekerja khususnya untuk pekerja di Indramayu.

“Tadi para pekerja sudah menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Indramayu dan akan segera difasilitasi untuk dicari solusinya” kata Hadi

Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Nonon Citra Wulandari mengatakan, minggu depan akan melakukan pertemuan dengan pihak perusahan yang ada di Kabupaten Indramayu untuk mencari solusi atas segala aspirasi dan keluhan para pekerja.

“Kami akan melakukan pertemuan dengan pemilik atau perwakilan perusahaan untuk menyampaikan langsung aspirasi dan keluhan para pekerja agar bisa memberikan solusi terbaik untuk kedua belah pihak” Ujarnya.

(Red)