Bikin Formula di Excel Bakal Jadi Gampang

Bikin Formula di Excel Bakal Jadi Gampang Bikin Formula di Excel Bakal Jadi Gampang

Microsoft merilis fitur baru di Excel yang membuat pengisian formula jadi lebih mudah, yaitu dengan autocomplete dan suggestion.

Sebenarnya fitur ini sudah dirilis sejak minggu lalu, tepatnya fitur suggestion dan example. Namun kemudian fiturnya dibuat semakin pintar, setidaknya di Microsoft 365 versi web.

Formula suggestion, seperti namanya, akan memberikan saran kepada pengguna yang akan memasukkan formula. Misalnya saat pengguna memasukkan tanda tambah ke dalam sel, Excell akan mencoba menyarankan formula apa yang diperkirakan cocok dengan data yang ada.

Misalnya saat data yang dimasukkan adalah data penjualan dan kolom terakhir diberi label “total”, Excel akan menyarankan untuk menjumlahkan sel dengan rentang tertentu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (28/12/2022).

Menurut postingan blog Microsoft, fitur ini saat ini baru bisa berfungsi dalam bahasa Inggris. Lalu formula yang bisa disarankan adalah sum, average, count, counta, min, dan max.

Namun memang fitur ini sebenarnya tak terlalu baru, karena Google Sheets sudah punya fitur serupa sejak beberapa waktu yang lalu, dan Excel juga punya fitur AutoSum yang fungsinya mirip.

Fitur baru lainnya adalah Formula by Example, yang mirip dengan fitur Flash Fill, yang secara otomatis akan mendeteksi pola dalam data dan mengisi kolomg yang tersisa. Penjelasan fitur tersebut bisa dilihat dalam video di bawah ini.

Ada juga sejumlah fungsi baru seperti memasukkan gambar menggunakan alt-text ke dalam tabel, yang bakal dihadirkan ke Excel versi Windows, Mac, dan web. Microsoft juga menambahkan tipe data PowerQuery dan kemampuan untuk mengambil data dari dyamic array ke dalam versi Insider dari aplikasi Windows untuk pengujian.