Bersatu Dengan Alam, Koramil 1601 Indramayu Melaksanakan Penyemaian Pohon Mangrove 

Bersatu Dengan Alam, Koramil 1601 Indramayu Melaksanakan Penyemaian Pohon Mangrove 

 

24news.id.-Indramayu-Bertempat di area Eco Wisata mangrove karangsong, Desa Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Koramil 1601 Indramayu melaksanakan kegiatan program bersatu dengan alam dengan melakukan penyemaian, pembibitan dan penanaman pohon keras, buah dan mangrove di wilayah teritorial Koramil 1601/Indramayu, Kamis 27 Juni 2024.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil 1601/Indramayu, Kodim 0616/Indramayu, dpp Peltu Karso Miharjo beserta 4 orang anggota, dan Pengurus eco wisata mangrove karangsong.

 

Jenis bibit pohon keras, buah dan mangrove, jenis Ceryop, sebanyak 1.500 bibit, dan proses penanaman pohon mangrove jenis jenis Ceryop.

 

Koramil 1601 Indramayu Jajaran Kodim 0616 Indramayu Melalui Peltu Karso Miharjo menjelaskan bahwa dengan melakukan Pengumpulan buah sebelum penanaman pohon mangrove dilakukan, kelompok tambak tani sidodadi maju akan melakukan kegiatan pengumpulan buah mangrove pada bulan agustus hingga bulan september dengan penanaman pada akhir tahun 2024.

 

“Dilakukan Pembibitan, Pemilihan lokasi persemaian, Pembuatan tempat dan bedeng persemaian, Pembuatan bibit, Penanaman, Penentuan jarak tanam, Mempersiapkan peralatan, dan Pembagian kelompok,”Kata Peltu Karso.

 

Setelah semua dilakukan pengecekan oleh pengelola termasuk bibit yang akan ditanam. Proses penanaman dilakukan dengan membawa bibit ke lokasi penanaman, kemudian membuat lubang tanam dengan jarak tanam 50 cm- 100 cm, dan menancapkan penyangga sebagai penanda bahwa sudah dilakukan penanaman bibit mangrove. dan Proses penanaman ini dilakukan pada setiap kelompok dengan serentak.(Maskani)