Koramil 1608 Karangampel Melaksankan Perawatan Penyemaian Bibit Mangrove 

Koramil 1608 Karangampel Melaksankan Perawatan Penyemaian Bibit Mangrove 

 

24news.id.-Indramayu-Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2024, bertempat di Koramil 1608/Karangampel, anggota koramil 1608/Karangampel melaksanakan Kegiatan perawatan penyemaian bibit mangrove yang ada di koramil Karangampel Kabupaten Indramayu dengan usia penyemaian mangrove berumur 3 minggu.

 

Serka Dadiyanto Anggota Koramil 1608 Karangampel menjelaskan bahwa Mangrove adalah jenis hutan bakau yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di sepanjang garis pantai, muara sungai, dan estuari, dan dilakukannya penyemaian ini guna untuk dilakukan penanaman di sepanjang bibir pantai.

 

“Mangrove terdiri dari berbagai spesies pohon yang tahan terhadap ketersediaan garam tinggi, perubahan pasang surut, dan kondisi lingkungan yang keras,”Kata Serka Dadiyanto.

 

Proses penanaman dilakukan dengan membawa bibit ke lokasi penanaman, kemudian membuat lubang tanam dengan jarak tanam 50 cm- 100 cm, dan menancapkan penyangga sebagai penanda bahwa sudah dilakukan penanaman bibit mangrove. Proses penanaman ini dilakukan pada setiap kelompok dengan serentak.

 

“Selain pengurai limbah organik, hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan diterjen, dan merupakan penghalang alami terhadap angin laut yang kencang pada musim tertentu,”Ujarnya saat perawatan bibit.(Maskani)