Suku Cadang Mobil Listrik yang Masih Bisa Dijual di Bengkel Umum

Banyak yang meramal industri bengkel dan suku cadang (sparepart) akan tumbang seiring hadirnya era kendaraan elektrifikasi. Tapi ternyata masih ada beberapa komponen suku cadang kendaraan listrik yang bisa dijual oleh bengkel umum.

Dibandingkan mobil konvensional bermesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), mobil listrik bisa dikatakan minim sparepart. Mobil listrik tidak perlu komponen-komponen fluida, seperti oli atau pelumas, juga tidak memerlukan mesin yang besar maupun transmisi.

Dijelaskan Direktur PT Astra Otoparts, Yusak Kristian, masih ada beberapa komponen kendaraan listrik yang bisa dijual oleh bengkel-bengkel umum, maupun industri-industri suku cadang. Misalnya aki, ban, atau sistem pengereman.

“Untuk kendaraan listrik, (kebutuhan sparepart) yang sudah kita identifikasi adalah shock absorber, tire, ban kan tetap ada, kemudian juga brake system (pengereman), juga lighting atau lampu-lampu itu masih tetap ada,” kata Yusak kepada wartawan di Bekasi, Selasa (27/12/2022).

“Sementara untuk komponen engine memang akan berubah. Tapi battery (aki) masih akan tetap digunakan sebagai auxiliari battery (baterai cadangan). Jadi misal ada baterai yang besar sebagai energi penggeraknya, tapi baterai (aki) kecil itu masih bisa digunakan sebagai baterai bantu,” sambung Yusak.

“Jadi kami akan terus perhatikan dan identifikasi kebutuhan pelanggan untuk EV (Electric Vehicle), dan mudah-mudahan Astra Otoservice bisa menyediakan menunya,” tukas Yusak.

Astra Otoparts sendiri baru saja meresmikan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dinamakan Astra Otopower. Astra Otopower tersedia di 6 gerai Astra Otoservice, yakni di Astra Otoservice Kelapa Gading, Galaxy-Bekasi, Cibubur, Fatmawati, Serpong, dan Meruya.