5 Tips agar Bumil Tetap Nyaman Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menuju akhir tahun memang menjadi hari-hari yang ditunggu kebanyakan orang. Hari libur Natal dan tahun baru dirayakan dengan penuh keceriaan, kemeriahan dan kesibukan bersama orang terkasih dan keluarga.

Di tengah kesibukan hari libur, ibu hamil (bumil) bisa saja mengalami ketidaknyamanan fisik. Hal itu juga yang membuat aktivitas dan ruang gerak di hari libur jadi serba terbatas.

Guna meningkatkan rasa nyaman saat perayaan Natal dan tahun baru berlangsung, bumil bisa mengenakan pakaian yang nyaman. Selain itu, batasi mengonsumsi makanan dan minuman manis, serta banyak minum air putih.

Yuk simak cara nyaman dan merayakan Natal dan tahun baru, terutama buat bumil.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih merupakan hal yang harus dilakukan saat momen perayaan Natal dan tahun baru. Sebab air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, air putih berfungsi menjaga tubuh agar tidak terserang dehidrasi hingga menjaga konsentrasi seseorang. Hal itu menjadi penting untuk diperhatikan karena dehidrasi dapat menyebabkan organ tubuh seperti jantung tidak akan bekerja maksimal.

Khusus untuk ibu hamil, air putih memiliki fungsi menjaga pertumbuhan janin agar berkembang secara maksimal, serta menjaga stamina hingga mencegah terjadinya persalinan prematur.

2. Batasi Asupan Minuman Manis

Merayakan momen Natal dan tahun baru biasanya identik dengan beragam makanan dan minuman manis. Hal itu hal yang mesti diwaspadai.

Sebab terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan di masa mendatang. Sejumlah penyakit seperti obesitas, diabetes, dan jantung pun bakal bisa menyerang.

Begitu juga dengan ibu hamil, mengonsumsi minuman manis juga bisa berdampak buruk seperti mampu membuat merasa cepat lelah hingga meningkatkan kadar gula dalam darah.

3. Makan dalam Jumlah Sedikit, tapi Sering

Ada sejumlah strategi yang bisa dijalankan di tengah banyaknya suguhan makanan pada momen Natal dan tahun baru, yakni dengan mengonsumsi makanan makanan dengan jumlah sedikit tapi sering.

Dilansir dari Cooking Light, makan dalam jumlah sedikit tapi sering bisa memberikan dampak positif terhadap tubuh. Pasalnya cara tersebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab hal tersebut bisa menimbulkan efek thermic yang ditimbulkan oleh makanan.

4. Mengistirahatkan Tubuh

Memberikan waktu istirahat pada tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan saat momen Natal dan tahun baru. Pasalnya, pada kedua momen tersebut biasanya bakal banyak diisi dengan sejumlah kegiatan yang menguras waktu istirahat tubuh.

Jumlah waktu istirahat tubuh setiap umur berbeda-beda. Usia 3-6 tahun idealnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 11-13 jam, usia 6-12 tahun 10 jam, usia 12 – 18 tahun 8-9 jam, dan usia 18-40 tahun 7-8 jam setiap hari. Sementara untuk ibu hamil yakni 7-8 jam per hari.

5. Asupan Vitamin yang Cukup

Saat Natal, bumil mungkin sibuk mempersiapkan hari raya ataupun liburan tetapi ada kalanya mereka lupa untuk mempersiapkan diri dengan vitamin tambahan agar ibu dan bayi sehat dan kuat selama hari raya dan libur panjang. Suplemen vitamin asam folat ibu hamil yang mudah dibawa dan selama traveling salah satunya adalah Bundavin yang memiliki kandungan asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.